مفهوم البدعة PEMAHAMAN BID’AH YANG BENAR

Salah satu hadits yang dibuat dasar pembahasan tentang BID’AH adalah Hadits riwayat Imam An-Nasa’i no.1560 ;
أَخْبَرَنَا عُتْبَةُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ أَنْبَأَنَا ابْنُ الْمُبَارَكِ عَنْ سُفْيَانَ عَنْ جَعْفَرِ بْنِ مُحَمَّدٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ فِي خُطْبَتِهِ يَحْمَدُ اللَّهَ وَيُثْنِي عَلَيْهِ بِمَا هُوَ أَهْلُهُ ثُمَّ يَقُولُ مَنْ يَهْدِهِ اللَّهُ فَلَا مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْهُ فَلَا هَادِيَ لَهُ إِنَّ أَصْدَقَ الْحَدِيثِ كِتَابُ اللَّهِ وَأَحْسَنَ الْهَدْيِ هَدْيُ مُحَمَّدٍ وَشَرُّ الْأُمُورِ مُحْدَثَاتُهَا وَكُلُّ مُحْدَثَةٍ بِدْعَةٌ وَكُلُّ بِدْعَةٍ ضَلَالَةٌ وَكُلُّ ضَلَالَةٍ فِي النَّارِ ثُمَّ يَقُولُ بُعِثْتُ أَنَا وَالسَّاعَةُ كَهَاتَيْنِ وَكَانَ إِذَا ذَكَرَ السَّاعَةَ احْمَرَّتْ وَجْنَتَاهُ وَعَلَا صَوْتُهُ وَاشْتَدَّ غَضَبُهُ كَأَنَّهُ نَذِيرُ جَيْشٍ يَقُولُ صَبَّحَكُمْ مَسَّاكُمْ ثُمَّ قَالَ مَنْ تَرَكَ مَالًا فَلِأَهْلِهِ وَمَنْ تَرَكَ دَيْنًا أَوْ ضَيَاعًا فَإِلَيَّ أَوْ عَلَيَّ وَأَنَا أَوْلَى بِالْمُؤْمِنِينَ
atau hadits Riwayat Imam Muslim no.3242:
حَدَّثَنَا أَبُو جَعْفَرٍ مُحَمَّدُ بْنُ الصَّبَّاحِ وَعَبْدُ اللَّهِ بْنُ عَوْنٍ الْهِلَالِيُّ جَمِيعًا عَنْ إِبْرَاهِيمَ بْنِ سَعْدٍ قَالَ ابْنُ الصَّبَّاحِ حَدَّثَنَا إِبْرَاهِيمُ بْنُ سَعْدِ بْنِ إِبْرَاهِيمَ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ عَوْفٍ حَدَّثَنَا أَبِي عَنْ الْقَاسِمِ بْنِ مُحَمَّدٍ عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ أَحْدَثَ فِي أَمْرِنَا هَذَا مَا لَيْسَ مِنْهُ فَهُوَ رَدٌّ

atau hadits riwayat Imam Abu Dawud no.3991 berikut ini:
حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ حَنْبَلٍ حَدَّثَنَا الْوَلِيدُ بْنُ مُسْلِمٍ حَدَّثَنَا ثَوْرُ بْنُ يَزِيدَ قَالَ حَدَّثَنِي خَالِدُ بْنُ مَعْدَانَ قَالَ حَدَّثَنِي عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ عَمْرٍو السُّلَمِيُّ وَحُجْرُ بْنُ حُجْرٍ قَالَا أَتَيْنَا الْعِرْبَاضَ بْنَ سَارِيَةَ وَهُوَ مِمَّنْ نَزَلَ فِيهِ وَلَا عَلَى الَّذِينَ إِذَا مَا أَتَوْكَ لِتَحْمِلَهُمْ قُلْتَ لَا أَجِدُ مَا أَحْمِلُكُمْ عَلَيْهِ فَسَلَّمْنَا وَقُلْنَا أَتَيْنَاكَ زَائِرِينَ وَعَائِدِينَ وَمُقْتَبِسِينَ فَقَالَ الْعِرْبَاضُ صَلَّى بِنَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ذَاتَ يَوْمٍ ثُمَّ أَقْبَلَ عَلَيْنَا فَوَعَظَنَا مَوْعِظَةً بَلِيغَةً ذَرَفَتْ مِنْهَا الْعُيُونُ وَوَجِلَتْ مِنْهَا الْقُلُوبُ فَقَالَ قَائِلٌ يَا رَسُولَ اللَّهِ كَأَنَّ هَذِهِ مَوْعِظَةُ مُوَدِّعٍ فَمَاذَا تَعْهَدُ إِلَيْنَا فَقَالَ أُوصِيكُمْ بِتَقْوَى اللَّهِ وَالسَّمْعِ وَالطَّاعَةِ وَإِنْ عَبْدًا حَبَشِيًّا فَإِنَّهُ مَنْ يَعِشْ مِنْكُمْ بَعْدِي فَسَيَرَى اخْتِلَافًا كَثِيرًا فَعَلَيْكُمْ بِسُنَّتِي وَسُنَّةِ الْخُلَفَاءِ الْمَهْدِيِّينَ الرَّاشِدِينَ تَمَسَّكُوا بِهَا وَعَضُّوا عَلَيْهَا بِالنَّوَاجِذِ وَإِيَّاكُمْ وَمُحْدَثَاتِ الْأُمُورِ فَإِنَّ كُلَّ مُحْدَثَةٍ بِدْعَةٌ وَكُلَّ بِدْعَةٍ ضَلَالَةٌ

COBA SIMAK SYARAH HADITS DI ATAS DARI KITAB ‘AUNUL MA’BUUD :
( وهو ) : أي العرباض { ولا على الذين إذا ما أتوك لتحملهم } : أي معك إلى الغزو , والمعنى لا حرج عليهم في الخلف عن الجهاد ( قلت لا أجد ما أحملكم عليه ) : حال من الكاف في أتوك بتقدير قد , ويجوز أن يكون استئنافا كأنه قيل ما بالهم توالوا . قلت لا أجد , وتمام الآية ( تولوا وأعينهم تفيض من الدمع حزنا ألا يجدوا ما ينفقون ) : وقوله ( تولوا ) : جواب إذا ومعناه انصرفوا ( فسلمنا ) : أي على العرباض ( زائرين ) : من الزيارة ( وعائدين ) : من العيادة ( ومقتبسين ) : أي محصلين العلم منك ( ذرفت ) : أي دمعت ( ووجلت ) : بكسر الجيم أي خافت ( كأن هذه موعظة مودع ) : بالإضافة , فإن المودع بكسر الدال عند الوداع لا يترك شيئا مما يهم المودع بفتح الدال , أي كأنك تودعنا بها لما رأى من مبالغته صلى الله عليه وسلم في الموعظة ( فماذا تعهد ) : أي توصي ( وإن عبدا حبشيا ) : أي وإن كان المطاع عبدا حبشيا . قال الخطابي : يريد به طاعة من ولاه الإمام عليكم وإن كان عبدا حبشيا , ولم يرد بذلك أن يكون الإمام عبدا حبشيا وقد ثبت عنه صلى الله عليه وسلم أنه قال : ” الأئمة من قريش ” وقد يضرب المثل في الشيء بما لا يكاد يصح في الوجود كقوله صلى الله عليه وسلم : ” من بنى لله مسجدا ولو مثل مفحص قطاة بنى الله له بيتا في الجنة ” وقدر مفحص القطاة لا يكون مسجدا لشخص آدمي , ونظائر هذا الكلام كثير ( وعضوا عليها بالنواجذ ) : جمع ناجذة بالذال المعجمة , قيل هو الضرس الأخير , وقيل هو مرادف السن وهو كناية عن شدة ملازمة السنة والتمسك بها . وقال الخطابي : وقد يكون معناه أيضا الأمر بالصبر على ما يصيبه من المضض في ذات الله كما يفعله المتألم بالوجع يصيبه ( وإياكم ومحدثات الأمور إلخ ) : قال الحافظ ابن رجب في كتاب جامع العلوم والحكم : فيه تحذير للأمة من اتباع الأمور المحدثة المبتدعة وأكد ذلك بقوله ” كل بدعة ضلالة ” والمراد بالبدعة ما أحدث مما لا أصل له في الشريعة يدل عليه , وأما ما كان له أصل من الشرع يدل عليه فليس ببدعة شرعا وإن كان بدعة لغة , فقوله صلى الله عليه وسلم ” كل بدعة ضلالة ” من جوامع الكلم لا يخرج عنه شيء , وهو أصل عظيم من أصول الدين وأما ما وقع في كلام السلف من استحسان بعض البدع فإنما ذلك في البدع اللغوية لا الشرعية , فمن ذلك قول عمر رضي الله عنه في التراويح ” نعمت البدعة هذه ” وروى عنه أنه قال ” إن كانت هذه بدعة فنعمت البدعة ” ومن ذلك أذان الجمعة الأول زاده عثمان لحاجة الناس إليه وأقره علي واستمر عمل المسلمين عليه وروي عن ابن عمر أنه قال : ” هو بدعة ” ولعله أراد , ما أراد أبوه في التراويح انتهى ملخصا . قال المنذري : وأخرجه الترمذي وابن ماجة وليس في حديثهما ذكر حجر بن حجر , غير أن الترمذي أشار إليه تعليقا . وقال الترمذي حسن صحيح هذا آخر كلامه والخلفاء أبو بكر وعمر وعثمان وعلي وقال صلى الله عليه وسلم : ” اقتدوا بالذين من بعدي أبي بكر وعمر , فخص اثنين وقال : ” فإن لم تجديني فآتى أبا بكر ” فخصه , فإذا قال أحدهم قولا وخالفه فيه غيره من الصحابة كان المصير إلى قوله أولى . والمحدث على قسمين محدث ليس له أصل إلا الشهرة ( الشهوة ) : والعمل بالإرادة فهذا باطل , وما كان على قواعد الأصول أو مردود إليها فليس ببدعة ولا ضلالة انتهى كلام المنذري .

Berikut ini adalah pemahaman tentang BID’AH menurut aqidah AHLUSSUNNAH WALJAMA’AH ;
Mafhum bid’ah dalam pandangan Ahlus Sunnah Wal Jamaah sangat argumentatif, realistis, dan rasional.oleh karena itu, mereka menafsirkan hadits “semua bid’ah itu sesat” adalah kata-kata umum yang harus dibatasi,’am makhsush, maksudnya adalah semua bid’ah yang tercela yang sudah pasti bertentangan dengan syari’at, itulah yang sesat (Dr. As Sayyid Muhammad, Mafahim Yajibu an Tushohhah,hal.33).
karena memang dalam menafsirkan hadits tersebut tidak hanya melihat dhohir (teksnya) saja, tetapi seharusnya dikaitkan dengan qorinah-qorinah lain untuk bisa memahami konteks hadits tersebut. oleh karenanya, Imam Nawawi dalam Syarah Shahih Muslim, jilid 6/154 menafsirkan hadits berikut:
قوله صلى الله عليه وسلم : ( وكل بدعة ضلالة ) هذا عام مخصوص , والمراد غالب البدع
Sabda Nabi صلى الله عليه وسلم,”semua bid’ah adalah sesat” ini adalah kata-kata umum yang dibatasi maksudnya. dan yang dimaksud oleh hadits itu adalah gholibnya atau biasanya bid’ah itu adalah sesat.
Hadits tersebut senada dengan hadits: كُلُّ مَعْرُوفٍ صَدَقَةٌ semua kebaikan adalah shodaqoh
(حديث البخاري 5562 والترمذي 1893). pertanyaanya apakah semua kebajikan yang diberikan kepada seseorang bisa dianggap shodaqoh yang berpahala? apakah jika ada manusia yang membantu pembangunan sebuah gereja dianggap shodaqoh? apakah jika seseorang memberikan seekor ayam untuk sesajen pada pohon bisa disebut shodaqoh yang berpahala? apakah jika ada beberapa orang yang saling membantu untuk menyukseskan kemaksiatan juga disebut shodaqoh? tentu jawabannya, tidak kan? dan dengan jawaban tersebut berarti telah membatasi hadits,”semua kebaikan adalah shodaqoh.” karena tidak semua kalimat “كُلُّ” mengharuskan bersifat umum atau menyeluruh. sebaliknya, terkadang bersifat umum yang dibatasi dengan qorinah-qorinah (indikator) dari hadits lainnya.
Demikian juga dengan firman الله, surat Al-Ahqof ayat 25 mengenai angin topan yang menimpa kaum tsamud:
تُدَمِّرُ كُلَّ شَيْءٍ بِأَمْرِ رَبِّهَا
“…(angin topan itu) menghancurkan segala sesuatu atas perintah Tuhannya…”
Kalimat “kulla Syai’in” atau segala sesuatu itu bersifat umum namun yang dimaksud khusus atau terbatas. karena angin topan itu tidak menghancurkan semua yang di atas bumi dan planet lainnya. hanya menghancurkan sebatas kaum Tsamud saja. demikian pula dalam firman الله dalam Q.S. Ali Imron:159 :
وَشَاوِرْهُمْ فِي الْأَمْرِ…
“..Ajaklah mereka bermusyawarah dalam suatu urusan..”
Kalimat “al-amr” atau suatu urusan adalah tidak bermakna umum pada semua urusan, baik urusan duniawi, maupun urusan ibadah. kan tidak mungkin untuk urusan ibadah itu wajib atau tidak atau zina itu haram atau boleh harus di musyawarahkan terlebih dahulu? lucu jadinya kalau hendak berzina harus musyawarah tentang keharamannya terlebih dahulu. demikian juga dengan hadits:
مَنْ أَحْدَثَ فِي أَمْرِنَا هَذَا مَا لَيْسَ مِنْهُ فَهُوَ رَدٌّ
“Barang siapa membuat hal baru yang tidak ada hubungannya dengan perkara kami, maka itu tertolak” (Muttafaqun ‘Alaih). (HR.Muslim no.3242).
Kalimat (Ma laisa minhu) yang tidak ada hubungannya dengan urusan kami, menjadi pembatas atas kesesatan hal-hal yang baru. artinya, jika masih ada hubungannya dengan urusan-urusan agama yang sesuai dengannya dan tidak bertentangan dengan syara’, tentu hal-hal yang baru tersebut tidaklah sesat. karena pada kenyataannya banyak Qorinah/indikator yang mendukung penafsiran hadits-hadits di atas bahwa ada bid’ah yang terpuji yaitu yang berdasarkan dalil-dalil syari’at sekalipun di zaman nabi Muhammad shollallohu ‘alaihi wasallam tidak pernah dilakukan.

a.Penghimpunan Al Qur’an dalam Mushaf
Sayyidina Umar Rodhiallohu ‘anhu mendatangi Abu Bakar Rodhiallohu ‘anhu dan berkata,” Wahai khalifah Rosulillah shollallohu ‘alaihi wasallam, saya melihat pembunuhan dalam peperangan Yamanah telah mengorbankan para Qurro’ (penghafal Al Qur’an), bagaimana kalau engkau menghimpun Al Qur’an dalam satu mushaf?” Khalifah menjawab, “Bagaimana kita melakukan sesuatu yang belum pernah dilakukan oleh Rosululloh Muhammad shollallohu ‘alaihi wasallam?” Umar berkata,”Demi Alloh, ini baik!…”Hadits ini diriwayatkan oleh Al Bukhori.
pernyataan Khalifah bahwa hal ini tidak pernah dilakukan oleh Rosululloh menunjukkan bahwa aktivitas tersebut adalah bid’ah dalam urusan agama, karena kalau itu hanya dalam urusan dunia tentu Khalifah tidak akan menolak dengan perkataan itu. Dan dalam hadits tersebut, baik Abu Bakar maupun Zaid bin Tsabit akhirnya “menerima usul dari Umar sekalipun itu bid’ah dalam urusan agama.
Dan kalau ada yang berkata bahwa mereka yang melakukan aktivitas tersebut adalah kalangan sahabat, dan apa yang mereka lakukan tidak masuk kategori bid’ah berdasarkan hadits Nabi Muhammad shollallohu ‘alaihi wasallam. Berpegang teguhlah kalian dengan sunnahku dan sunnah Al Khulafaur Rosyidin yang memperoleh petunjuk…” (H.R. Ahmad, Abu Dawud, Ibnu Majah, At Tirmidzi, dan ia mengatakan hasan shohih).
Dalam hadits itu ada perintah dari Nabi shollallohu ‘alaihi wasallam untuk mengikuti tuntunan para khalifah yang selalu mendapatkan petunjuk Ilahi. Namun, yang perlu dikaji dari hadits tersebut adalah sebagai berikut:
1. Para Khalifah tersebut adalah tidak terjaga dari kesalahan (tidak ma’shum).Dan dari aspek itu, tidak
berbeda dengan Ulama’ sebagai pewaris para Nabi, baik dari generasi tabi’in, tabi’ittabi’in hingga akhir
zaman.
2. Adalah hal yang baru (bid’ah) jika membatasi jumlah para Khalifah itu hanya pada empat orang sahabat saja.
karena tidak diketemukan dari lisan Nabi shollallohu ‘alaihi wasallam tentang batasan tersebut. bahkan,
ada Ulama’ yang menambahi dengan ‘Umar bin Abdul ‘Aziz

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s