Isro’ Mi’roj dan Rejebpan

Abuya Assayyid Muhammad bin ‘Alawy Al-Maliky Al-Hasany menyusun sebuah kitab bagus yang diberi nama WAHUWA BIL-UFUQIL-A’LAA (Dan Dia Berada di Puncak Singgasana Yang Tinggi). Dalam kitab ini Abuya membahas dengan detail tentang peristiwa Isro’ Mi’roj dengan berbagai pendekatan dan disiplin keilmuan. Di antaranya dengan pendekatan teks Ayat Al-Qur’an, Assunnah / Hadits, sejarah, hikmah/etika, logika, sastra, fisika, kimia, astronomi dan berbagai disiplin keilmuan lainnya.

Dalam setiap pembahasannya yang menggunakan pendekatan teks Al-Qur’an, Abuya melengkapi dengan kajian Asbaabun-Nuzuul (Sebab-sebab turunnya ayat). Sedang pada analisa hadits dilengkapi dengan metode Takhrij (kedudkan hadits) dan Asbaabul Wurud (Sebab-sebab atau peristiwa timbulnya hadits). Dalam bahasan fisika dan kimia Abuya menampilkan pendapat Dr. Mahmud Abduh Yamani dengan pembahasan yang akurat dan memukau. Maka sangat indah dan sempurna kajian kitab ini bila kita semua bisa mengkajinya langsung sebab kitab ini hanya tersaji dalam 368 halaman saja.

Bila Abuya punya kitab Wahuwa bil-ufuqil-A’laa maka Ma’had Ibnu Mas’ud menyederhanakan pokok pikiran kitab ini dengan mewajibkan setiap santri untuk bisa nulis dan hafal ayat pertama dari surat ke–17 (Al-Isroo’) beserta terjemahannya. Untuk lebih sedikit ada nuansa yang canggih para santri diajak berkelana dan “berkunjung” ke Masjidil-Harom Makkah dan ke Masjidil-Aqshoo di Palestina dengan memanfaatkan GeogleEarth. Sehingga para santri diharapkan bisa merasakan bukti kebesaran dan kekuasaan Alloh yang dulu oleh masyarakat arab dianggap sebagai perjalan dan cerita hayal dan tidak masuk akal. Namun sekarang santri-santri Ma’had Ibnu Mas’ud Tulungagung bisa bepergian dari masjidil Harom ke masjidil Aqshoo dalam waktu hanya beberapa menit. Selain itu para santri akhirnya mengetahui dengan nyata bentuk masjidil-Harom dan masjidil-Aqshoo yang terkini dan yang sebenarnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s